Akuntasi & Keuangan Lembaga

PROFIL Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Tujuan Kompetensi Keahlian

Sesuai dengan kompetensi keahlian yang dibuka atau dilaksanakan di kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja bidang akuntansi yang mampu atau kompeten menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa.
  2. Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja bidang akuntansi yang mampu atau kompeten menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang.
  3. Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja bidang akuntansi yang mampu atau kompeten menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur.
  4. Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja bidang akuntansi yang mampu atau kompeten mengoperasikan satu atau lebih program komputerisasi akuntansi.
  5. Membekali peserta didik dengan keterampilan agar mampu atau kompeten melakukan pembukuan akuntansi dan memproses transaksi keuangan.

Kompetensi Keahlian

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan salah satu kompetensi keahlian pada programstudi Akuntansi yang memiliki standar kompetensi dan kompetensi dasar. Salah satu kompetensi keahlian yang harus dikuasai adalah mengoperasikan Spreadsheet for Accounting dan Myob (MInd Your Own Bisnis) adalah sofwer akuntansi yang berfungsi membantu bagian keuangan dalam menyusun laporan keuangan.

Untuk mewujudkan lulusan yang kompeten sebagai Teknisi Akuntansi Yunior yang mampu menghadapi MEA 2020, maka jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga mempelajari hal-hal berikut :

  1. Akuntansi Jasa/Dagang/Manufaktur
  2. Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
  3. Komputer Akuntansi
  4. Administrasi Pajak

Serta ketrampilan tambahan yang dibutuhkan DU/DI antara lain Siskeudes, Accurate dan Brevet Pajak.